RESUME BUKU: Komunikasi Islam BAB 1


Buku : Komunikasi Islam (278 hlm)
Penulis : Dr. Harjani Hefni, Lc., M.A. 
Tahun Terbit : 2015
Penerbit : Prenamedia Group


BAB I
PENGERTIAN, RUANG LINGKUP,
DAN MANFAAT MEMPELAJARI KOMUNIKASI ISLAM

     A.    DEFINISI KOMUNIKASI ISLAM

1.      Definisi Komunikasi

      Komunikasi berasal dari bahasa Inggris communication. Komunikasi adalah proses pertukaran informasi di antara individu melalui system lambing-lambang, tanda-tanda, atau tingkah laku. Dapat juga di artikan cara untuk mengkomunikasikan ide dengan pihak lain.

      Dalam bahasa Arab, komunikasi sering menggunakan istilah tawashul dan ittishal. Tawashul artinya adalah proses yang dilakukan oleh dua pihak untuk saling bertukar informasi sehingga pesan yang disampaikan dipahami atau sampai kepada dua belah pihak yang berkomunikasi. Ittishal secara bahasa lebih menekankan pada aspek ketersambungan pesan, tidak harus terjadi komunikasi dua arah.

      Adapun dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, komunikasi diartikan sebagai pengiriman dan penerimaan pesan atau berita antara dua orang atau lebih sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahami.

2.      Definisi Islam

      Islam menutur bahasa secara umum artinya adalah tunduk, menyerahkan diri kepada Allah, damai, serta selamat. Damai dan selamat adalah tujuan, sedangkan sarananya adalah tunduk dan menyerahkan diri dengan seluruh aturan Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW dan yang paling pokok di antaranya adalah rukun Islam.

3.      Makna Komunikasi Islam

      Dalam buku ini komunikasi Islam adalah komunikasi yang dibangun di atas prinsip-prinsip Islam yang memiliki roh kedamaian, keramahan dan keselamatan.

Berdasarkan informasi dari Al-Qur’an dan As-Sunnah ditemukan bahwa komunikasi Islam adalah komunikasi yang berupaya untuk membangun hubungan dengan diri sendiri, dengan sang pencipta, serta dengan sesama untuk menghadirkan kedamaian, keramahan, dan keselamatan buat diri sendiri dan lingkungan dengan cara tunduk dengan perintah Allah dan Rasul-Nya.



    B.     RUANG LINGKUP KAJIAN KOMUNIKASI ISLAM

            Objek kajian ilmu komunikasi Islam terdiri dari tiga paket kajian yang tidak bisa dipisahkan antara satu dengan lainnya. Tiga paket kajian itu adalah komunikasi manusia dengan Allah, komunikasi manusia dengan dirinya sendiri, dan komunikasi manusia dengan yang lainnya. Tiga bentuk komunikasi ini merupakan warisan dari ajaran agama secara universal. Tiga bentuk komunikasi ini terdapat dalam atsar dari Wahab bin Munabbih yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad bin Hanbal.



    C.    MANFAAT MEMPELAJARI ILMU KOMUNIKASI ISLAM

            Menurut Schram komunikasi dan masyarakat merupakan dua kata kembar yang tidak dapat dipisahkan satu sama lainnya. Tanpa komunikasi tidak mungkin masyarakat terbentuk, sebaliknya tanpa masyarakat, maka manusia tidak mungkin dapat mengembangkan komunikasi. Tujuan komunikasi Islam bertujuan untuk membimbing kaum muslimin secara khusus dan manusia secara umum agar mampu membangun komunikasi kepada Pencipta mereka, dengan diri sendiri, serta dengan sesama berdasarkan prinsip-prinsip Islam.

            Komunikasi yang terjalin dengan prinsip komunikasi Islam akan menghadirkan kedamaian dan keselamatan, baik untuk diri komunikan maupun untuk masyarakat secara umum. Jika umat Islam melakukan komunikasi dengan niat ikhlas untuk menjalin silaturahmi dan meningkatkan kualitas hubungan positif dengan sesama manusia, maka mereka tidak hanya mendapatkan keuntungan di dunia, tetapi juga akan mendapatkan pahala akhirat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Welcome to Waikiki (으라차차 와이키키) Review DJD

Setelah di awal tahun 2017 lalu, drama korea Voice menjadi drama favoritku.. nah, awal tahun ini ada drama Welcome to Waikiki Welcome to W...